About me

Foto saya
Saya Anisa Budi Listiani.. i'm easy going, and then prefer to create an animation, make films, just think I'm cool as long as the positive.. And Then Semoga Isi Blog saya bisa bermanfaat, dan bisa menjadi inspirasi yang Positif..

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

PERSAMAAN HAK dan PERSAMAAN DERAJAT dalam masyarakat


 *PERSAMAAN HAK
         Suatu Persamaan HAK dalam masyarakat, seperti  “Berbagi ilmu pengetahuan dan unsur-unsur kebudayaan” adalah suatu hal yang sangat berkembang pesat pada saat ini. Hal tersebut adalah merupakan pengaruh yang positif yang sangat berguna bagi kehidupan umat manusia yaitu kebebasan, persaudaraan, dan persamaan HAK untuk menemukan / mendapatkan sesuatu hal dari Ilmu pengetahuan dan unsur-unsur kebudayaan.
Pengaruh lainya adalah pengakuan bahwa setiap manusia itu sama. Tidak dibedakan atas warna kulit, suku, agama, atau bahkan kecacatan fisik, karena semua manusia itu mempunyai suatu HAK.
Bisa juga dalam HAK berpendapat, semua manusia dapat atau mempunyai suatu hak untuk mengeluarkan atau memberikan suatu pendapat kepada orang lain. Tetapi masyarakat pada saat ini untuk mengeluarkan atau memberikan suatu pendapat itu susah, karena masyarakat saat ini kalau berpendapat / mempertahankan suatu hak pendapatnya selalu menimbulkan pengaruh negatifnya seperti menjadi pemicu suatu kemarahan antar sesama manusia.

*PERSAMAAN DERAJAT
Sama dengan persamaan HAK yaitu suatu pengakuan bahwa setiap manusia itu sama. Tidak dibedakan atas warna kulit, suku, agama, atau bahkan kecacatan fisik. Tetapi, di Persamaan Derajat secara kita tidak sadari bahwa dalam kehidupan kita bermasyarakatan ada suatu pengelompokan golongan-golongan masyarakat. Dari pengelompokkan tersebut akan terbentuk lapisan-lapisan yang sosial yang membagi masyarakat yang sering disebut pelapisan sosial. Pelapisan masyarakat ini biasanya dipengaruhi oleh keadaan hidup masyarakat, contohnya masyarakat perkotaan. Masyarakat kota akan dihargai apabila memiliki rumah dan mobil mewah, berbeda dengan masyarakat pedesaan. Masyarakat pedesaan akan lebih dihargai apabila memiliki hektaran sawah didesanya. Selain itu pula pelapisan sosial ini membuat masyarakat akan ber etika sesuai dengan lapisan sosial, contohnya lapisan sosial orang menengah keatas akan lebih memperhatikan prilaku mereka dibandingkan masyarakat lapisan sosial bawah. Tentunya hal itu tersebut terjadi karena adanya pelapisan sosial.
 
Created By: Blogcaca

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar